Selasa, 22 Januari 2013

Berakhirnya serial The Wheel of Time...

 


Pada hari minggu 20 Januari 2013, selesai sudahlah saya membaca buku novel fiksi berjudul A Memory of Light yang dikarang oleh Robert Jordan dan Brandon Sanderson. Bagi pecinta buku fiksi seperti saya, hari itu adalah salah satu hari 'bersejarah'. Kenapa, karena buku yang terdiri dari 912 halaman tersebut adalah buku ke-14, buku penutup dari serial The Wheel of Time. Serial ini adalah salah satu serial favorit saya. Bagi saya serial ini setara dengan serial trilogy The Lord of The Rings + Hobbit karya J.R.R Tolkien.

A Memory of Light (Wheel of Time)

Serial Wheel of Time dimulai dari buku pertama The Eye of The World yang dikarang oleh Robert Jordan dan diterbitkan pada tahun 1990. Oleh karena buku ke-14 diterbitkan pada tahun 2013, berarti serial ini telah berlangsung selama 23 tahun. Jika dirata-rata maka satu buku baru muncul setiap 2 tahun. Pada tahun 2007, Robert Jordan meninggal, sebelum sempat mengeluarkan buku penutup serial ini. Buku terakhir yang dia karang adalah buku ke-11 berjudul Knife of Dreams yang diterbitkan pada tahun 2005. Para fans sempat panik, karena kawatir tidak bisa tahu bagaimana ending dari serial yang panjang dan kompleks ini. Syukurlah, istri Robert Jordan kemudian menunjuk seorang pengarang fiksi bernama Brandon Sanderson untuk meneruskan serial ini, berdasarkan catatan-catatan yang sempat ditinggalkan oleh Robert Jordan. Yang unik adalah bagian atau chapter terakhir dari buku terakhir telah dituliskan sendiri oleh Robert Jordan. Chapter pamungkas ini ada di buku terakhir A Memory of Light di atas.

Buku-buku di serial The Wheel of Time adalah sbb :


Buku ke-
Judul
Jumlah Halaman
Jumlah Chapter
Jumlah Kata
Terbit
1.
The Eye of the World
782
53
305,902
15 January 1990
2.
The Great Hunt
681
50
267,078
15 November 1990
3.
The Dragon Reborn
674
56
251,392
15 October 1991
4.
The Shadow Rising
1001
58
393,823
15 September 1992
5.
The Fires of Heaven
963
56
354,109
15 October 1993
6.
Lord of Chaos
987
55
389,823
15 October 1994
7.
A Crown of Swords
855
41
295,028
15 May 1996
8.
The Path of Daggers
672
31
226,687
20 October 1998
9.
Winter's Heart
766
35
238,789
7 November 2000
10.
Crossroads of Twilight
822
30
271,632
7 January 2003
11.
Knife of Dreams
837
37
315,163
11 October 2005
12.
The Gathering Storm
766
50
297,502
27 October 2009
13.
Towers of Midnight
864
57
327,052
2 November 2010
14.
A Memory of Light
912
49
360,000
8 January 2013


Catatan : Buku berjudul 'New Spring' diterbitkan pada tahun 2004, berisi prequel atau kisah yang mendahului buku ke-1, 20 tahun sebelum kejadian di buku ke-1 tersebut.
Serial fiksi-fantasi ini berisi pertarungan antara kekuatan baik ('Light'- cahaya) melawan kekuatan jahat ('Shadow' - bayangan). Kekuatan baik diwakili antara lain oleh manusia seperti Aes Sedai (para wanita yang memiliki kekuatan khusus), tentara, raja dan ratu dsb serta Ogier (semacam manusia raksasa cinta damai). Kekuatan jahat diwakili oleh oleh para forsaken (manusia yang memiliki kekuatan khusus yang mengabdi pada kejahatan) serta Trollocs (makhluk jahat mirip Ogier tapi bentuknya sangat menggerikan) dll. Tokoh utama kekuatan baik adalah Rand al'Thor ditemani rekan satu kampungnya Matrim Cauthron dan Perrin Aybara. Rand adalah Dragon Reborn, yaitu manusia yang memiliki kekuatan luar biasa yang takdirnya adalah melawan kekuatan jahat yang dipimpin oleh Dark One.
Secara berabad-abad, siklus kehidupan (Wheel of Time) terus berputar menampilkan perang antara Dragon dan Dark One tersebut. Kadang Dragon yang menang, namun kadang Dark One yang menang. Dragon sendiri meskipun mewakili sisi baik, namun karena berdasarkan ramalan dia juga bakal menghancurkan dunia dalam perangnya melawan Dark One, maka oleh manusia dia disambut secara ambigu, ditunggu kelahirannya kembali sebagai pahlawan sekaligus ditakuti/dikhawatirkan kehadirannya. Di serial ini diceritakan bahwa di suatu siklus yang disebut Third Age, peperangan ini terjadi lagi. Dragon lahir kembali ke dalam tubuh Rand al'Thor yang ditakdirkan untuk berperang melawan Dark One pada perang besar terakhir (Tarmon Gai'don - Last Battle). Buku ke-1 s.d. ke 13 menceritakan kisah-kisah seru dalam perjalanan menuju perang besar terakhir tersebut.
Seri ini diawali bagaimana Rand al'Thor mulai terlibat dalam perang melawan Dark One, dilanjutkan dengan kisah penyangkalan dirinya bahwa dia bukanlah si Dragon yang lahir kembali (Dragon Reborn), terpenuhinya beberapa ramalan bahwa memang dialah di Dragon, usaha para forsaken untuk menarik Dragon ke sisi jahat, kisah teman-teman si Dragon menemukan kekuatannya masing-masing, perang antara sisi baik dan sisi jahat menjelang perang besar, dsb. Buku ke-14 sebagai buku penutup, menceritakan perang besar terakhir (Tarmon Gai'don), di mana para manusia dan makhluk2 di sisi kebaikan berperang melawan manusia dan makhluk2 di sisi kejahatan. Sementara itu Rand sebagai Dragon berperang langsung melawan Dark One, yang akan menentukan nasib seluruh umat manusia, apakah akan diterangi oleh kebaikan atau akan hidup dalam kegelapan kejahatan yang menggerikan.

Bagi anda yang menyukai buku genre fiksi fantasi, maka saya sangat merekomendasikan serial ini. Di serial ini favorit saya adalah buku ke-1, 2, 3 kemudian buku 11 sd 14. Buku yang lain (buku ke-4 sd 10) hemat saya terlalu lambat, terlalu keluar dari plot utama. Namun secara keseluruhan, serial ini luar biasa.
Mengingat demikian panjangnya serial ini, yaitu total 14 buku (+1 prequel) dalam 11.916 halaman, saya memiliki harapan ada semacam short version (well not too short-lah), yaitu buku ke-1, 2, 3, buku gabungan dari buku 4 sd 10, gabungan buku 11 sd 13, dan buku 14, jadi total ada 6 buku. Ini untuk lebih menarik peminat terhadap serial ini....
Harapan kedua saya, semoga Brandon Sanderson bisa membuat serial lain yang tak kalah serunya. Serial dia yang baru, The Stormlight Archive, dimulai dari buku pertama The Way of Kings (1280 halaman) telah terbit pada tahun 2011. Buku pertama tersebut tampak sangat menjanjikan .... semoga....

33 komentar:

  1. Hallo..
    Mau tanya, dapetin serial ini dimana ya, saya udah cari sana sini ga dapet terus.
    Makasih :D

    BalasHapus
  2. Hallo Mbak Mudrikah,
    Memang sukar mendapatkan buku serial seperti ini di Indonesia, apalagi serialnya panjang jadi jarang toko yang menyediakan stok semua bukunya. Saya biasanya pesan di amazon...ada versi e-book nya (e-pub, mobi atau pdf), yang bisa dibaca di tablet, hp, atau PC. Kalau Mbak Mudrikah tertarik dengan e-book nya bisa e-mail saya...

    BalasHapus
  3. Saya mau dong, e booknya. Saya cuma punya bukunya sampai buku 2. Lanjutanya ngga ada. Kalo boleh, saya minta ebook lanjutannya. Penasaran abis sama ceritanya.

    BalasHapus
  4. Mbak Dita e-mailnya apa, nanti kita diskusi via e-mail saya di yahoo

    BalasHapus
  5. Mbak Mudrikah, semoga suka dengan bukunya ya...

    BalasHapus
  6. Mbak Dita, semoga enjoy membaca bukunya....

    BalasHapus
  7. Saya boleh ga mas minta ebooknya susah nyari bukunya saya baru punya yang pertama

    BalasHapus
  8. Aduhh pengen baca tapi kok ga ketemu terus ya. Toko buku masih ada yg jual ga mas?
    Atau barangkali saya boleh minta ebooknya?

    BalasHapus
  9. Pak, blh minta e-book ya g? Penasaran abis....

    BalasHapus
  10. Mas Dwi aku boleh minta eboknya kah?.
    soalnya kentang kmaren baca cuma sampai the great hunt
    mudah2an berkenan dan terima kasih.
    rahadianedo4@gmail.com

    BalasHapus
  11. pak Dwi, boleh minta e-booknya gak, saya udah cari kemana2 gak dapat bukunya, cuma punya sampe seri 3
    terima kasih banyak.
    arahome7@gmail.com

    BalasHapus
  12. Pak dwi boleh minta ebookx kah..
    Aswari_harsuma1988@yahoo.com

    BalasHapus
  13. pak, minta pdf atau ebook'x dong boleh gak.
    kamaliah13@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Halo pak... Saya boleh mnt ebookx (pdf) g?? Saya sdh baca buku 1 & 2, buku 3 dst susah dapetx... Mohon kesediaanx pak.. Ini email saya einchayanx@yahoo.com penasaran saya sama kisah cinta lan & bestari dr edmonds field itu 😁 terimabkasih pak.

    BalasHapus
  15. mau dunx e-book nya lee_ciel_childprey@yahoo.co.uk

    BalasHapus
  16. Pak Dwi saya sedang cari buku ke 12,13,14. Blm bisa pesan di Amazon. Semoga bisa dibantu. Email : marzukumar@gmail.com

    BalasHapus
  17. Pak dwi,
    Boleh minta ebook nya kah?
    Saya punya sampai seri 2 saja...
    Masih nggantung sekali, jd penasaran sama lanjutannya,
    Email saya
    yuga8889@gmail.com

    Makasih pak dwi

    BalasHapus
  18. Pak dwi,
    Boleh minta ebook nya kah?
    Saya punya sampai seri 2 saja...
    Masih nggantung sekali, jd penasaran sama lanjutannya,
    Email saya
    yuga8889@gmail.com

    Makasih pak dwi

    BalasHapus
  19. slamat siang mas, boleh minta ebook nya soalnya saya penasaran sama ceritanya. terima kasih. ini email saya : ojonnge@gmail.com..

    BalasHapus
  20. Om saya boleh minta e-booknya susah cari yang lanjutannya dari buku ke 4-14
    Ini email saya
    hilmitjl@gmail.com

    BalasHapus
  21. halo pak dwi, saya boleh minta ebook nya kah? saya baru baca yang pertama eye of the world. kalau boleh, ini email saya cendekia27@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  22. Hallo pak Dwi...
    Bolehkah saya minta e-booknya? Saya dah cari sana-sini ga ketemu juga lanjutannya. Cuma sampe buku kedua. Kalau boleh ini email saya:akroginanjar@gmail.com

    BalasHapus
  23. Tahun baru telah menanti kita semua, menjelang akhir tahun kami S1288poker akan membagikan Free chips untuk anda semua member setia S1288poker. Mau chips gratis? dan hadian nya?
    Mari bergabung sekarang juga hanya DI S1288poker

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker.

    BalasHapus
  24. halo pak boleh minta ebooknya.. terimakasih

    BalasHapus
  25. Kayaknya buku yg terbit di Indonesia cuma 3 ya. Saya cari2 yg serial berikutnya gak pernah dapat. Klo boleh minta e-book nya ya pak.
    Email saya majintho.shiban@gmail.com
    Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  26. Halo pak boleh minta ebooknya?
    Email saya bakiralfawaid@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  27. Sy punya buku 1,2,3, versi bahasa indonesianya, terbitan mizan. Setelah menunggu bertahun2 ternyata ga dilanjutin lagi yg versi terjemahannya. Sedih euy. Barusan buka mizan store, yg ada malah buku wheel of time (1,2,3) di diskon besar2an sampai harganya hanya Rp. 10.000.
    Mungkin bapak bisa merekomendasikan dimana sy bisa beli serial lengkapnya wheel of time, selain amazon. Karena sy ga punya credit card 😅

    BalasHapus
  28. Mas Dwi sy sampai skrg blm nemu dr serial dragon reborn nya, mohon bantuanya Mas klo ada ebooknya ini email sy igustibagusindrabayu@gmail.com

    BalasHapus
  29. Pak mají dong E-Booknya.. terima kasih

    overagainover0@gmail.com

    BalasHapus
  30. Mas saya boleh minta ebook nya engga? Dikirim ke email saya aja nanti

    BalasHapus
  31. Hallo Pak Dwi sy boleh minta Ebooknya. Minta tolong bapak krim kan ke alamat email sy:
    bubblies148@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya pak 🙏🏻

    BalasHapus